Jasa Desain Rumah Minimalis Online Murah, Gambar Arsitek

Cara Cepat Membangun Rumah Sederhana

Membangun rumah pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, namun sebenarnya membangun rumah itu bisa sedikit dipercepat. Tentunya ada cara cepat membangun rumah yang bisa kita ikuti seperti pada artikel berikut ini.

Banyak alasan orang ingin cepat membangun rumah. Salah satunya adalah mendesaknya kebutuhan akan rumah tinggal, dan penghematan biaya tentunya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mempercepat proses pembangunan rumah anda.

Tahap Persiapan

Sebelum membangun rumah persiapkan perencanaan rumah, diantaranya adalah desain rumah dan gambar kerja atau gambar IMB. Perencanaan di awal adalah sangat penting, karena sebagai acuan saat anda membangun rumah nantinya. Kenali kebutuhan anda dan persiapkan desainnya secara matang.

Perhatikan juga masalah dana, pastikan anda membuat RAB dulu. Perencanaan keuangan yang matang sebelum membangun rumah akan menghindari kita untuk menggunakan material yang tidak perlu. Karena orang membangun rumah biasanya cenderung untuk menambah nambah material atau hiasan ornamen rumahnya. Hal ini biasanya akan membuat anggaran membangun rumah menjadi bengkak.

Prinsip Cara Cepat Membangun Rumah

Berikut ini adalah prinsip cara cepat membangun rumah yang bisa anda ikuti, secara garis besar adalah sebagai berikut.

Gunakan material yang praktis dan pemasangannya mudah. Material praktis ini seperti dinding bata ringan, dinding partisi gypsum, dak bondek, baja ringan dan sebagainya. Material praktis ini tentunya akan mempercepat pelaksanaan membangun rumah.

Gunakan material yang ringan. Material yang ringan tentunya akan mengurangi beban struktur. Jika beban struktur berkurang maka volume struktur bangunan bisa dikurangi. Jika volume struktur bangunan berkurang tentunya secara tidak langsung proses pelaksanaan bisa sedikit dipercepat.

Gunakan desain minimalis dan hindari banyak ornamen. Desain minimalis yang simpel itu lebih cepat pengerjaannya. Karena yang namanya ornamen dan pernik hiasan bangunan itu adalah sesuatu yang pengerjaannya butuh ketelitian dan waktu lama. Biaya untuk tukangnya menjadi mahal pula. Oleh karena itu hindari penggunaan ornamen yang berlebihan pada desain rumah.

Material Praktis dan Cepat

 Ini adalah penjelasan mengenai material untuk cara cepat membangun rumah. Penjelasannya akan diuraikan sebagai berikut.

Struktur Bangunan Baja

Jika anda ingin membuat struktur rumah dengan cepat maka baja adalah pilihan yang tepat. Baja jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan cor konvensional. Karena Struktur Baja cukup dirangkai di lapangan tanpa perlu cor dan bekesting yang memakan banyak waktu. Baja juga bisa dibuat tanpa banyak finishing seperti beton yang harus diplester dan aci.

struktur baja pada rumah

Dinding Bata Ringan

Dinding bata ringan, bata ringan itu pemasangannya lebih cepat dibandingkan bata merah. Walaupun harganya lebih mahal, karena pasangnya cepat ongkos tukang bisa lebih murah ketimbang bata merah. Pada akhirnya harga satuannya tidak jauh berbeda dengan bata konvensional. Anda bisa menggunakan bata ringan pada dinding luar bangunan.

penggunaan bata ringan yang praktis

Kelebihan lain bata ringan adalah permukaannya yang lebih lurus. Permukaan lurus akan mempermudah saat plester dinding. Jika dibandingkan dengan bata merah yang permukaannya kasar, bata ringan bisa menggunakan aplikasi plesteran hanya setebal 1cm. Ini adalah hal yang sulit dilakukan pada bata merah, karena ketebalan lesteran bata merah yang umum adalah 1,5cm. Tipisnya plesteran akan mempercepat proses pengerjaan.

Dinding Partisi Gypsum

Untuk dinding sekat bagian dalam rumah anda bisa menggunakan partisi gypsum. Partisi gipsum ini lebih praktis, cepat dan lebih murah dibandingkan bata merah. Bobotnya juga ringan, bahkan jika anda menggunakan partisi gipsum pada sekat kamar misalnya, anda tidak perlu membuat pondasi batu belah di bawahnya. Pondasi batu belah pada struktur bangunan bisa dibuat lebih sedikit jika dibandingkan dengan anda memakai sekat dinding bata merah dengan finish plester aci.

pemasangan partisi gypsum

Dak Untuk Rumah 2 Lantai

Jika rumah anda adalah rumah 2 lantai maka ada baiknya ketika akan ngedak menggunakan floor deck atau bondek. Floor deck adalah lembaran baja ringan yang digunakan sebagai alas untuk bekesting dak menggantikan triplek. Lembaran ini juga berfungsi sekaligus sebagai tulangan bawah pada dak. Penggunaan bondek ini lebih praktis, cepat, dan murah karena tidak membutuhkan banyak perancah seperti bambu dan triplek. Harganya juga bisa lebih murah.

floor deck bondek lat lantai

Rangka Atap Baja Ringan dan Penutup Atap

Untuk atap gunakanlah rangka atap baja ringan. Baja ringan memang sangat populer belakangan ini karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan utamanya adalah ringan, praktis dan cepat. Untuk memasang rangka atap baja ringan untuk rumah tinggal biasanya bisa dilakukan hanya dalam beberapa hari saja. Sedangkan untuk material penutup atap gunakanlah atap lembaran seperti atap galvalum atau atap bitumen seperti onduline misalnya. Atap lembaran seperti ini pemasangannya jauh lebih cepat dibandingkan atap genteng. Jika anda ingin keterangan lengkap mengenai baja ringan bisa di baca di sini

kuda kuda baja ringan

Plafon PVC Rangka Hollow

Untuk plafon anda bisa memakai rangka hollow galvanis dengan ketebalan minimal 0,4mm. Saran jika anda ingin pemasangan yang cepat gunakanlah material plafon seperti pvc. PVC untuk plafon sangat praktis dan pemasangannya lebih cepat jika dibandingkan dengan gypsum.

plafon pvc yang praktis dan pemasangan cepat

Sekian artikel mengenai cara cepat membangun rumah, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *