Jasa Desain Rumah Online Minimalis Murah, Gambar Arsitek

Cara Membuat Tangga Rumah yang Baik

Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat tangga rumah yang baik beserta tips dan triknya. Tangga pada artikel ini hanya dibatasi khusus untuk tangga rumah tinggal saja. Dalam konteks rumah tinggal 2 lantai, definisi tangga adalah akses jalan yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2.

Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat tangga rumah yang baik beserta tips dan triknya. Tangga pada artikel ini hanya dibatasi khusus untuk tangga rumah tinggal saja. Dalam konteks rumah tinggal 2 lantai, definisi tangga adalah akses jalan yang menghubungkan lantai 1 dengan lantai 2.  Tangga merupakan elemen penting dalam interior sebuah bangunan khususnya rumah tinggal. Tangga yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah nyaman, fungsional, aman, dan bagus secara estetika bila perlu.

Tangga merupakan elemen penting dalam interior sebuah bangunan khususnya rumah tinggal. Tangga yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah nyaman, fungsional, aman, dan bagus secara estetika bila perlu.

Kriteria Tangga Rumah yang Baik

Tangga sekilas memang terlihat sederhana, membuatnya pun terlihat mudah, tukang batu secara umum bisa membuat tangga dengan berbagai model. Namun membuat tangga tidak boleh sembarangan, ada beberapa kriteria tangga yang baik yang harus kita perhatikan saat akan mendesain tangga. Sehingga tangga yang kita gunakan pada rumah kita bisa berfungsi secara optimal.

Faktor kenyamanan, kenyamanan tentunya sangat penting dan merupakan hal utama yang wajib diperhatikan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi faktor kenyamanan pada tangga diantaranya adalah tinggi anak tangga, lebar anak tangga, dan lebar tangga itu sendiri. Anak tangga yang terlalu tinggi menyebabkan kaki kita lelah saat naik ke tangga, sedangkan lebar anak tangga haruslah dibuat ideal ukurannya sesuai dengan panjang telapak kaki sehingga nyaman saat kita berpijak. Lebar tangga juga perlu diperhatikan, tangga yang terlalu sempit membuat penghuni kurang nyaman saat naik turun tangga.

kenyamanan-tangga

Faktor kedua adalah tangga haruslah fungsional, artinya bisa berfungsi dengan baik. Salah satu contoh penerapannya adalah peletakan tangga pada denah rumah. Rencanakan tangga dan denah rumah dengan baik, peletakan tangga yang kurang pas akan membuat kurang nyaman. Contoh kasus yang kurang baik adalah peletakan tangga yang berada persis di bagian belakang rumah, sehingga penghuni jika ingin naik ke lantai 2 harus berputar kebelakang dahulu sebelum bisa naik ke lantai2, hal semacam ini tentunya tidak efisien. Pastikan peletakan tangga tepat dan baik dan sesuaikan dengan denah rumah anda.

Ketiga adalah faktor keamanan. Tangga bisa saja membahayakan penghuni rumah, misal ada kejadian terpeleset, atau jatuh dari tangga. Untuk itu beberapa elemen tangga perlu diperhatikan. Seperti penggunaan keramik tangga, jika tangga itu berada di luar dan basah pastikan gunakan keramik yang memiliki tekstur agar tidak licin. Kemudian railing tangga, pastikan railing tangga aman, memiliki ketinggian yang cukup, terutama jika ada anak kecil di rumah pastikan desain railing tangga yang aman dan tidak mudah dipanjat oleh anak kecil.

desain-tangga-aman-untuk-anak-kecil

Keempat adalah faktor estetika, faktor terakhir ini bersifat optional, namun jika budget masih mencukupi, membuat tangga yang cantik mengapa tidak?  Seperti elemen bangunan yang lain tangga juga bisa dibuat variasi supaya tampilannya menarik. Anda bisa memilih jenis keramik yang bagus sesuai selera anda, granit misalnya. Kemudian anda juga bisa memilih railing tangga, ada beberapa jenis railing seperti besi hollow, stainless steel, kaca, dan lainnya. Pilihlah sesuai selera dan budget yang anda miliki. Jika ingin variasi lain anda juga bisa menambahkan aksen lampu pada tangga yang membuat tampilan tangga lebih menarik.

tangga-cantik-elegan

Cara Membuat Tangga Rumah yang Baik

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat tangga rumah yang baik. Contoh yang akan dijelaskan di sini adalah jenis tangga konvensional dari beton dengan finishing keramik yang umum / banyak dipakai di rumah tinggal.

Pertama pastikan tangga yang akan dibuat telah terencana dengan matang dan ada gambar kerjanya, sehingga memudahkan tukang saat bekerja. Anda bisa membuat desainnya sendiri jika bisa, namun jika kesulitan sebaiknya memakai tenaga ahli seperti arsitek terutama untuk gambar kerjanya.

Dalam perencanaan ada beberapa standard yang harus diperhatikan . Pertama standard tinggi anak tangga yang baik adalah 15cm – 20cm, usahakan jangan lebih dari 20cm kecuali jika terpaksa (space ruang tidak memungkinkan). Kedua pastikan lebar anak tangga antara 28cm -30cm. Karena panjang telapak kaki orang Indonesia umumnya kisaran 25cm. Ketiga lebar tangga minimal adalah 70cm, jika kurang dari itu maka tangga sempit dan kurang nyaman.

Kedua adalah proses pembuatan tangga. Hal ini tentunya dikerjakan oleh tukang, namun sebaiknya anda juga mengawasi saat pembuatan tangga agar tidak terjadi kesalahan.

bekesting-dan-besi-tulangan-cara-membuat-tangga

Cara membuat tangga rumah langkah pertama adalah membuat garis acuan tangga, biasanya menggunakan benang atau spidol yang dicoret di tembok, pastikan ukurannya tepat sesuai dengan gambar. Anda bisa mengecek / mengukurnya dengan meteran.

Kemudian langkah berikutnya membuat bekesting dari triplek dan kayu kaso. pastikan saat bekesting sudah jadi (sebelum dicor) ukuran tangga sudah tepat, termasuk kemiringan tangga. Gunakan besi tulangan tangga dengan diameter 8mm / 10mm sebanyak 2 lapis (atas & bawah) supaya kuat.

Langkah ketiga cor tangga dengan mutu beton k175 atau campuran semen pasir kerikil 1:2:3.

Setelah cor coran kering bisa dipasang keramik dan railing tangga.

Sekian artikel mengenai cara membuat tangga rumah yang baik, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *