Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45 3 Kamar Tidur

Ini adalah artikel denah rumah minimalis 2 lantai type 45. Rumah type 45 sangat populer selain rumah type 36. Rumah type 45 dianggap paling pas untuk kebutuhan rumah tinggal di perkotaan karena luas ruangannya yang lebih luas dibanding type 36, dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Rumah type 45 biasanya dibuat 1 lantai dengan 2 kamar tidur saja, namun pada artikel ini saya akan menyajikan denah rumah minimalis 2 lantai type 45 dengan 3 kamar tidur, bahkan ada 2 kamar mandi, atas dan bawah. Mungkin anda bertanya apakah bisa? jawabnya bisa saja, anda bisa baca penjelasannya di bawah.

Konsep Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45 ini

Luas ruang yang hanya kisaran 45 meter persegi tentunya akan sempit jika dibagi menjadi 3 kamar, namun dengan konsep minimalis dengan penataan ruang yang pas hal itu tentunya bisa diwujudkan. Ingat konsepnya adalah minimalis, termasuk desain interiornya juga, jadi rumus utama adalah gunakan furniture secukupnya (jangan terlalu banyak) agar ruangan tidak terkesan sempit.

Tanah 5×12 meter

Denah rumah ini terletak di tanah dengan luas 60 meter persegi atau 5×12 meter. Namun walaupun berada di luas tanah yang sempit ini kita masih bisa memanfaatkannya secara maksimal. Tanah dengan luasan 5×12 meter tentunya harganya lebih terjangkau, sehingga jika anda punya tanah dengan luasan seperti ini anda masih bisa memiliki rumah yang nyaman dan murah dengan fasilitas 3 kamar tidur.

Ruang Denah Rumah Type 45

Pertama adalah ruang keluarga, ruang keluarga menjadi satu dengan ruang tamu dan ruang makan, sedangkan dapur untuk sementara cukup dibelakang. Dengan luasan hanya 2,5 x 4 meter maka gunakanlah perabot seperlunya.

Di lantai 1 ada kamar mandi, disebelahnya ada tangga menuju lantai 2. Ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai gudang kecil, untuk menyimpan barang-barang. Di lantai 2 juga ada kamar mandi, sehingga penghuni lantai 2 tidak perlu repot ke bawah jika ingin ke kamarmandi. Selain itu dengan 2 kamar mandi cukup untuk memenuhi kebutuhan penghuni yang lebih banyak. Desain kamar mandi di sini adalah menggunakan kloset dan shower, jadi tidak ada bak mandi. Karena tren jaman sekarang, penggunaan bak mandi itu makan banyak tempat sehingga menggunakan type shower adalah lebih praktis.

Di depan ada carport sepanjang 5 meter, cukup untuk memarkir mobil keluarga yang besar atau untuk parkir motor. Di depan juga ada halaman yang cukup luas. Di belakang ada ruang terbuka untuk cuci dan jemuran. usahakan ruang terbuka ini jangan ditutup, agar sirkulasi udara tetap bagus dan pencahayaan ruangan cukup.

denah rumah minimalis 2 lantai type 45 3 kamar tidur

Ada 3 Kamar tidur

Biasanya rumah type 45 hanya ada 2 kamar tidur, namun di denah ini ada 3 kamar tidur. Sangat cocok untuk keluarga muda yang punya 2 anak yang masih kecil-kecil. Luas ruangannya juga cukup, yaitu antara 2,5 x 3 meteran. Kamar anak-anak  ada di lantai 2 sehingga anak bisa memiliki privasi sendiri.

Pengembangan Rumah type 45 ini

Sebetulnya denah rumah minimalis 2 lantai type 45 ini sudah cukup maksimal, karena lahannya yang sempit sehingga tidak banyak pilihan jika anda hendak melakukan pengembangan / renovasi rumah ini Tapi bagaimanapun rumah ini masih bisa dikembangkan yaitu pada bagian depan rumah. Untuk ruang tamu / keluarga anda bisa menambah ruangan ke depan sepanjang 1,5 meter. Sedangkan pada kamar anak di atas anda juga bisa memperluas ruangannya ke depan sepanjang 1 meter. dengan penambahan seperti itu maka dirasa sudah cukup luas untuk standard kenyamanan rumah.

Sekian artikel mengenai denah rumah minimalis 2 lantai type 45 ini, semoga bisa sedikit bermanfaat. Jika anda ingin mencari referensi lebih banyak tentang desain rumah silahkan menelusuri website ini, terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *