Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Lahan 6×12 meter

Kali ini saya akan membahas desain rumah minimalis 2 lantai di lahan 6×12 meter. Lahan ukuran 6×12 memang banyak digunakan untuk standard kavling. Karena lahan seluas ini cukup untuk kebutuhan minimal keluarga kecil, disamping itu harganya lebih terjangkau karena luasannya yang tidak terlalu besar. Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh desain rumah minimalis 2 lantai 6×12. Mungkin artikel ini akan saya buat bersambung agar pembahasannya lebih mudah.

Denah dengan 3 Kamar Tidur

Denah rumah 2 lantai dengan 3 kamar tidur ini diharapkan cukup untuk kebutuhan keluarga kecil dengan 2 orang anak. Ruang utama dengan ukuran 3×4,5metercukup luas dan nyaman, ditunjang dengan kamar mandi dalam. Untuk 2 kamar anak dengan ukuran kisaran 3x3meter cukup untuk kegiatan anak dan perabot penunjang seperti meja belajar.

denah rumah minimalis 2 lantai 6x12 a
gambar denah lantai-1

denah rumah minimalis 2 lantai 6x12 b

gambar denah lantai-2

Desain Layout Interior

Berikut ini adalah gambaran layout interior sederhana dari denah rumah ini. Di lahan 6×12 yang terbilang cukup sempit ini maka kita harus bisa memaksimalkan ruang yang ada. Untuk ruang tamu setidaknya cukup untuk meletakkan 2 sofa. Ke belakang adalah tangga menuju lantai 2, dan di belakang tangga adalah ruang makan dan dapur. Untuk ruang keluarga berada di lantai 2, Ruang kosong setelah naik tangga sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk ruang bersama seperti ruang keluarga. Di ruang keluarga ini bisa diletakkan TV yang digunakan untuk anak di lantai 2. Sedangkan pemilik rumah bisa meletakkan TV nya di dalam kamar utama karena kamar utama memiliki ukuran yang cukup luas.

interior ruang tamu rumah minimalis 2 lantai 6x12

interior ruang tangga r makan rumah minimalis 2 lantai 6x12

Taman Kecil di Area Belakang

Keberadaan ruang terbuka adalah wajib pada desain rumah. Begitu juga dengan ruang terbuka / taman yang ada di belakang rumah ini fungsinya adalah sebagai sirkulasi udara sekaligus sebagai pencahayaan alami di bagian belakang dapur dan ruang makan. Jika taman ini ditiadakan maka ruangan akan gelap dan pengap.

Luasan Rumah

Luas Rumah ini adalah kisaran 80 meter persegi. Apabila anda hendak mengestimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini, maka tinggal dikalikan saja dengan harga bangun rumah permeter di daerah anda. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas material bangunan berpengaruh dengan harga.

Tampak Depan Rumah 2 Lantai minimalis

Desain tampak depan rumah ini adalah minimalis. Dengan desain minimalis ini  diharapkan biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar untuk membangun rumahnya. Tidak terlalu banyak ornamen pada tampilan fasadenya. Satu yang menjadi aksen adalah desain kisi-kisi dari besi hollow yang berada di lantai 2. Sedangkan lainnya di luar kamar utama anda bisa menambahkan batu alam andesit agar tidak terkesan monoton.

desain rumah minimalis 2 lantai 6x12

Bentuk atap adalah pelana dengan genteng beton flat. Bentuk atap pelana lebih simpel dan aliran air hujan lebih mudah sehingga tidak perlu terlalu banyak dak talang di samping kanan kiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *