Jasa Desain Rumah Online Minimalis Murah, Gambar Arsitek

Fungsi Plafon pada Rumah Tinggal

Seiring dengan perkembangan jaman, variasi bahan bangunan juga semakin banyak sehingga kita pun bisa mendapatkan bahan bangunan yang sesuai dengan budget atau selera. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan beragam jenis dan bahan material untuk plafon pada rumah kita. Jika pada jaman dahulu kita hanya mengenal plafon dengan bentuk datar segi empat yang terkesan sederhana, kini kita bahkan bisa mendapatkan variasi model dan bentuk plafon yang akan semakin memperindah tampilan interior rumah tinggal kita. Lalu apa sebenarnya fungsi plafon pada rumah tinggal sehingga kita sebaiknya memasangnya di rumah kita?

Definisi Plafon pada Rumah Tinggal

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi plafon, ada baiknya kita mengenal apa arti dari plafon itu sendiri. Plafon sendiri bisa didefinisikan sebagai langit-langit pada rumah kita. Dengan adanya plafon, kita akan memiliki pandangan yang berbeda begitu kita melihat ke bagian atap rumah dimana kita tidak akan langsung melihat rangka dan penutup atap namun justru melihat sekat yang menutupi rangka atap tersebut.

fungsi-plafon-pada-rumah-tinggal

Fungsi Plafon untuk Menutupi Rangka Atap

Fungsi plafon pertama adalah sebagai penutup rangka atap. Saat kita membangun rumah, kita tentu tidak akan melupakan instalasi listrik atau jaringan kabel lainnya yang biasanya ditempatkan di rangka atap. Tanpa adanya plafon, kita tentu akan melihat jaringan yang seringkali terpasang kurang rapi ini pada rangka atap sehingga akan membuat tampilan interior menjadi kurang baik. Plafon akan membantu “menyembunyikan” jaringan kabel tersebut dan membuat tampilan langit-langit rumah menjadi lebih baik.

fungsi-plafon-menutupi-rangka-atap

Fungsi Plafon Sebagai Insulator Panas

Fungsi plafon pada rumah tinggal berikutnya adalah sebagai pelindung panas. Banyak orang yang berpikir jika adanya penutup atap atau genteng sudah cukup untuk membuat sinar dan panasnya matahari di siang hari tidak memasuki rumah. Padahal, suhu di dalam rumah juga bisa semakin menghangat, apalagi jika kita memakai atap layaknya asbes atau galvalum yang cederung tipis, bergelombang, dan kurang mampu meredam panas. Dengan adanya plafon, kita bisa menginsulasi suhu hangat ini di antara genteng dan juga plafon saja sehingga suhu di dalam ruangan akan cenderung lebih sejuk dan nyaman bagi penghuninya.

Plafon Sebagai Tempat Lampu

Tak hanya sebagai penutup rangka atap, fungsi plafon bagi rumah tinggal adalah sebagai tempat dimana kita bisa menempatkan fitting lampu. Dengan perencanaan plafon yang tepat, kita bahkan bisa menata pencahayaan rumah menjadi lebih elegan sehingga akan membuat interior rumah menjadi semakin cantik. Sebagai contoh, jika kita menginginkan tampilan rumah yang cenderung hangat dan elegan, kita bisa menata plafon dan menempatkan fitting untuk lampu downlight yang kini sedang cukup populer untuk digunakan oleh sebagian masyarakat.

fungsi-plafon-sebagai-tempat-lampu

Plafon Sebagai Akustik Ruangan

Selain mempengaruhi tampilan interior sebuah rumah, plafon ternyata juga berpengaruh besar pada akustik ruangan. Sebagai contoh, kita bisa memakai plafon sebagai peredam suara sehingga suara yang ada di dalam rumah tidak akan mudah didengar oleh orang di luar rumah. Selain itu, andai kita ingin menempatkan studio kecil di dalam rumah, kita bisa memakai plafon akustik khusus yang mana permukaannya dilapisi dengan bahan yang mirip dengan karpet atau busa. Ada pula plafon akustik jenis lainnya yang memiliki bentuk permukaan layaknya bantalan lengkung sehingga akan lebih baik dalam memantulkan suara.

fungsi-plafon-sebagai-akustik-ruang

Plafon Adalah Sebagai Estetika pada Interior Rumah

Banyak dari kita yang berpikir jika keindahan interior rumah akan didapatkan jika kita mampu memadukan warna cat dan furniture interior dengan baik. Padahal, kita juga harus memperhatikan area plafon mengingat kini plafon memiliki bentuk dan warna yang menarik untuk interior rumah kita. Dengan memakai plafon yang dikombinasikan dengan penempatan lampu yang tepat, maka kita akan mendapatkan pencahayaan serta tampilan interior rumah tinggal yang lebih cantik.

fungsi-plafon-sebagai-estetika

Ada banyak sekali jenis plafon yang bisa kita gunakan layaknya plafon up ceiling, plafon drop ceiling, plafon dengan bentuk layaknya kubah pada masjid, dan berbagai jenis lainnya. Tak hanya tentang jenis dan bentuk plafon, kita juga bisa semakin mempercantik tampilan langit-langit rumah tinggal dengan memakai aksesoris plafon layaknya list plafon yang biasanya sudah banyak tersedia di toko bangunan dengan berbagai variasi profil yang sangat cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *