Info Seputar Baja Ringan Semarang

Apakah anda sedang mencari informasi tentang baja ringan semarang? Info dalam artikel di sini mungkin akan sedikit membantu. Baja ringan adalah baja yang mempunyai sifat ringan dan tipis, belakangan ini baja ringan sangat populer di Indonesia terutama untuk rangka atap. Termasuk di kota Semarang, banyak aplikator bajaringan bermunculan di Semarang. Mulai dari yang berbadan hukum / PT besar maupun CV yang lebih kecil.

baja ringan semarang

Keunggulan Baja Ringan

Bajaringan memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah:

  • Ringan, Baja ringan bobotnya jauh lebih ringan dibandingkan baja konvensional, kayu, atau beton. Beban yang lebih ringan ini tentunya sangat menguntungkan, karena mengurangi beban struktur, yang secara tidak langsung bisa menghemat konstruksi dan biaya.
  • Tahan terhadap Rayap dan Karat, Jika menggunakan rangka atap baja ringan anda tidak perlu kuatir rangka atap anda dimakan rayap, tidak seperti kayu. Baja ringan juga tahan karat.
  • Pemasangan cepat, sebagai contoh rumah dengan luas atap 100m persegi jika menggunakan rangka atap baja ringan bisa selesai dalam waktu 3-4 hari. Ini sangat cepat dan praktis, menghemat waktu dan biaya.

Harga Baja ringan Semarang

Tentunya banyak aplikator baja ringan di Semarang, soal harga berada di kisaran 110ribu sampai 135ribu permeter persegi (terpasang), harga tersebut hanya kisaran, bisa lebih mahal jika lokasi pembangunan sulit / tinggi. Harga tergantung beberapa faktor, berikut adalah faktor utama yang mempengaruhi harga baja ringan:

  • Jenis penutup atap / genteng yang digunakan, jika anda memakai penutup atap genteng beton tentunya harga bajaringan nya lebih mahal karena bebannya lebih berat. Jarak kuda kudanya pun lebih rapat. Berbeda jika anda menggunakan atap galvalum atau bitumen seperti onduline, bebannya jauh lebih ringan, dan harga baja ringan bisa lebih murah.
  • Bentuk atap, bentuk atap juga mempengaruhi harga, atap yang curam tentu volume nya lebih besar dibandingkan dengan atap yang landai. Oleh karena itu atap yang curam harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan model atap yang landai.
  • aksesoris tambahan, ada tambahan biaya jika anda menambahkan aksesoris lain pada baja ringan misalnya seperti lapisan pendingin / aluminium foil / glasswool. Harga pemasangan aluminium foil kisaran 20ribu ke atas permeternya, tergantung jenis foil yang digunakan. Karena sekarang ada banyak macam jenis insulation untuk atap. Tinggal anda menentukan sendiri mau pilih yang mana.
contoh potongan aluminium foil

contoh potongan aluminium foil

contoh aluminium foil dengan bubble

contoh aluminium foil dengan bubble

Info jenis bentuk atap rumah

Bentuk atap sangat mempengaruhi harga rangka atap baja ringan, berikut ini adalah beberapa contoh bentuk atap yang umum bisa diaplikasikan di rumah anda.

  • Atap pelana, atap pelana sangat baik digunakan untuk atap tropis. Atap pelana bisa dibuat dengan kemiringan 10derajat sampai 45 derajat. Semakin tinggi derajatnya maka semakin curam. Berikut adalah contoh gambar atap pelana.
contoh bentuk atap pelana

contoh bentuk atap pelana

  • Atap limasan, atap limasan mempunyai bentuk yang bagus, hampir sama seperti pelana, namun bedanya atap pelana mempunyai kemiringan di setiap sisi. Berikut contoh gambarnya
contoh bentuk atap limasan

contoh bentuk atap limasan

  • Atap miring, atap miring hanya berbentuk miring satu sisi. Atap miring dengan kemiringan landai juga biasa digunakan untuk rumah minimalis modern.

contoh atap miring untuk rumah minimalis modern

contoh atap miring untuk rumah minimalis modern

Info jenis Penutup Atap / Genteng

Anda bisa memilih bentuk atap yang sesuai dengan selera dan konsep desain rumah anda. Seperti yang dijelaskan di atas jenis atap juga akan mempengaruhi harga rangka atap baja ringan. Faktor utama yang mempengaruhi adalah berat atap dan jarak reng.

  • Atap genteng, anda pasti sudah banyak tahu tentang genteng. Genteng banyak jenisnya mulai dari genteng tanah liat / plentong, genteng beton, genteng press. Harga genteng bervariasi, umumnya jatuhnya kisaran 40.000 – 80.000 permeter, belum termasuk ongkos pasang. Namun ada genteng yang agak mewah yaitu genteng glasur, harga nya kisaran 6000 – 8000 perbiji, jika dihitung permeterjatuhnya kisaran 120.000 permeter persegi (belum termasuk ongkos pasang)
  • Atap Metal / Galvalum, atap metal cocok digunakan untuk atap dengan kemiringan landai. Kelebihannya atap ini cukup praktis, ringan, dan harganya relatif lebih murah. Karena ringan, jarak kuda2 dan rengnya biasanya lebih lebih renggang. Atap galvalum ada yang berbentuk lembaran, ada juga yang berbentuk seperti genteng dengan lapis pasir. Kekurangannya adalah berisik saat hujan, dan panas, namun hal tersebut bisa diatasi dengan penambahan insulation / aluminium foil. Harga atap galvalum tergantung ketebalannya, ketebalan yang umum tersedia antara 0.25mm sampai 0.4mm. Harga kisaran 30.000 – 40.000 permeter lari dengan lebar 75cm.
  • Atap bitumen, atap bitumen secara model hampir mirip dengan galvalum. Ada yang lembaran dan ada yang berbentuk seperti genteng. Atap ini ringan, berbahan aspal, nonasbestos / tidak menagndung asbes. Kelebihannya dibanding galvalum adalah lebih dingin dan tidak berisik saat hujan. Namun harganya lebih mahal. Contoh atap bitumen adalah merk onduline / onduvilla. Sebagai contoh harga onduline kisaran 145.000 perlembar. Jika dihitung dalam meter persegi maka jatuhnya adalah sekitar 90.000-100.000 permeter persegi (belum termasuk ongkos pasang).

Tips agar Rangka Baja Ringan dan Atap Murah

Atap adalah salah satu komponen bangunan / rumah yang harganya cukup mahal. Sebagai gambaran saja jika luasan atap anda 100m2 maka biaya kasar yang dibutuhkan adalah kisaran 20juta. Tentunya anda ingin supaya biaya atap dan baja ringan bisa lebih murah bukan? Berikut ini adalah tipsnya, mungkin bisa berguna membantu anda.

  • Gunakan bentuk atap pelana / miring dengan kemiringan landai. Jika desain rumah anda minimalis 2 lantai, maka model atap ini sangat cocok digunakan. Kemiringan bisa sekitar 5 – 25 derajat. Volume untuk atap landai lebih sedikit dibanding atap curam, tentunya bisa menghemat biaya rangka atap baja ringan.
  • Gunakan atap metal / galvalum dengan insulasi / peredam, ketebalan galvalum untuk rumah yang disarankan adalah 0.35mm – 0.4mm. Anda bisa menggunakan insulasi yang terdapat bubble / gelembung udara untuk peredam yang bagus. Jika atap anda terekspose (terlihat dari jalan depan rumah), model galvalum tentunya kurang menarik, maka penggantinya bisa memakai genteng metal. Atap ini ringan dan pemasangannya cepat, bisa menghemat ongkos baja ringan dan ongkos tukang untuk memasang atap.
contoh rangka atap dengan aluminium foil

contoh rangka atap dengan aluminium foil

Baja Ringan untuk Kanopi

Bajaringan tidak hanya bisa digunakan untuk rangka atap, namun bisa juga digunakan untuk kanopi, biasanya untuk kanopi carport. Kelebihan kanopi menggunakan baja ringan adalah praktis, pengerjaannya cepat dan harga lebih murah dibandingkan dengan kanopi dari las besi hollow / stainless steel. Harga kanopi baja ringan dengan atap standard galvalum kisaran 190.000 – 220.00 permeter persegi, harga bisa bervariasi tergantung jenis atap. Contoh jika anda ingin membuat kanopi untuk carport dengan atap galvalum 0.25mm, ukuran 3x4m, maka biayanya berkisar 2,5juta. Anda bisa mencari aplikator kanopi baja ringan Semarang di internet maupun koran.

kanopi baja ringan

kanopi baja ringan

Dimana membeli / toko jual baja ringan di Semarang

Untuk membeli baja ringan Semarang yang terjangkau, Anda bisa mencari toko dan aplikator / jual baja ringan Semarang di sekitar jalan Supriyadi, Jalan Cemara Raya Banyumanik, sepanjang Jalan Citarum – Patimura, Jalan Arteri Sukarno Hatta (dekat woltermonginsidi),  dan mungkin banyak lagi ditempat lainnya.

*Keterangan, harga yang tertera di artikel ini hanya sebagai contoh saja berdasarkan pengalaman, harga bisa bervariasi tergantung spek dan faktor lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda. – baja ringan Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *