Jasa Desain Rumah Minimalis Online Murah, Gambar Arsitek

Jidar Aluminium untuk Pekerjaan Plesteran Dinding

Artikel ini akan membahas soal jidar aluminium untuk aplikasi plesteran pada dinding / tembok. Bagi anda yang awam atau belum tahu apa itu jidar, jidar adalah alat yang digunakan untuk meratakan plesteran ada saat pekerjaan plester dinding.

 Saya tidak tahu pasti sebutan ini berasal dari mana yang pasti istilah ini biasa dipakai di lapangan oleh tukang. Karena setahu saya hal seperti ini tidak diajari di bangku perkuliahan 🙂 . Pekerjaan plesteran adalah pekerjaan yang sangat penting karena termasuk pekerjaan finishing yang tentunya harus rapi. Plesteran yang baik adalah rata, dan lot (tegak lurus, tidak miring) selain itu tidak kasar. Plesteran yang baik akan mempermudah pekerjaan selanjutnya yaitu acian.

Jenis Jidar yang Biasa dipakai oleh Tukang

Jenis jidar yang biasa dipakai tukang biasanya adalah kayu atau kaso. Alasannya adalah karena benda ini lebih mudah didapat, dan sangat umum dijual di toko bangunan. Jidar dari kayu mempunyai kelemahan, yaitu sulit untuk mencari kayu yang agak panjang dan lurus. Karena biasanya kayu agak sedikit miring, selain itu permukaan kayu kasar. Kayu juga tidak awet, jika kena air / hujan jidar kayu biasanya akan melengkung. Jika jidar melengkung maka hasilnya akan kurang maksimal karena saat membuat kepala plesteran sebaiknya menggunakan jidar yang panjang. Agar tembok benar-benar lot dari atas sampai bawah. Sebetulnya ada juga yang menggunakan jidar dari besi hollow, namun bahan besi ini mudah karat.

Jidar Aluminium

Jika anda sedang membangun rumah / saat pekerjaan plesteran, tidak ada salahnya untuk menyarankan tukang menggunakan jidar aluminium. Untuk proyek skala besar atau proyek di kota-kota, aluminium memang biasa digunakan dan mudah didapat. Namun di daerah yang agak jauh dari kota memang agak sulit. Jidar aluminium memiliki kelebihan yaitu permukaannya halus, lebih lurus, awet / tahan air, dan mudah dibersihkan. Hasil plesteran saat menggunakan jidar aluminium biasanya lebih rapi dan halus.

plester dinding dengan jidar aluminium

Tips Jidar Aluminium

Jidar aluminium nya anda bisa menggunakan aluminium profil kotak hollow dengan ukuran 1×2 inch, atau bisa juga yang lebih besar. Sebaiknya pilih yang agak tebal karena jika tipis jidar aluminiumnya bisa melengkung / bengkok.

jidar aluminium ukuran 1x2 inch

Profil aluminium untuk jidar panjangnya 6 meter, anda bisa membaginya menjadi panjang 3 meter, 1,5 meter, dan 1,5 meter. Panjang 3 meter adalah jidar untuk membuat kepala plesteran, sedangkan yang 1,5meter 2 buah adalah untuk meratakan plesteran. Harganya untuk panjang 6 meter tersebut adalah antara 150ribu sampai 200ribu rupiah. Agak mahal memang, namun untuk keawetan dan hasil yang bagus menurut saya tidak ada ruginya menggunakan jidar aluminium ini.

Sekian artikel mengenai tips metode kerja, pekerjaan pleseran dinding menggunakan jidar aluminium ini. semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *