Kuda Kuda Baja Ringan

Artikel kali ini membahas tentang baja ringan, saat ini rangka atap kuda kuda baja ringan sangatlah populer, baik untuk royek rumah tinggal skala kecil maupun proyek perkantoran atau gedung yang agak besar. Populernya baja ringan dikarenakan material ini memang memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah beratnya ringan, anti rayap, dan pemasangan yang cepat. Untuk soal harga juga bersaing, jika dibandingkan dengan kayu jelas bajaringan lebih unggul melihat dari kelebihan yang dimilikinya.

Pengertian Baja Ringan

Baja ringan adalah baja yang memiliki kualitas tinggi, mempunyai sifat ringan dan tipis, namun kekuatannya tidak kalah jika dibandingkan dengan baja konvensional. Standard baja ringan untuk kebutuhan konstruksi seperti rangka atap memiliki tegangan tarik tinggi  yaitu 550G. 550G ini artinya adalah baja ringan mempunyai kekuatan tarik 550 MPa (Mega Pascal). Untuk mengujinya bisa dilakukan di laboratorium.

kuda kuda baja ringan

Profil Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah Tinggal

Profil Kanal C, adalah profil yang digunakan untuk rangka utama kuda kuda baja ringan, fungsinya hampir sama seperti kaso pada rangka atap kayu. Ketebalan umum yang banyak tersedia di pasaran adalah mulai dari 0,65mm 0,75mm dan 1mm. Yang banyak dipakai untuk rangka atap kuda kuda baja ringan rumah tinggal adalah ketebalan 0,75mm.

Profil reng, kadang disebut profil B, namun orang-orang di lapangan biasa menyebutnya reng baja ringan. Fungsi reng bajaringan ini sama seperti reng pada rangka kayu. Yaitu untuk tempat bertumpu genteng atau penutup atap. Reng juga berfungsi untuk mengikat kuda kuda baja ringan.

Profil kanal Z, fungsinya hampir sama seperti kanal C, namun bentuknya berbeda. Bentuknya seperti huruf Z. Profil Z ini tidak umum, jarang ditemui atau dijual bebas di toko bangunan, hanya beberapa perusahaan baja ringan yang memproduksi secara khusus dan menggunakannya.

profil baja ringan

Kelebihan Baja Ringan untuk Rumah Tinggal

Ringan, baja ringan yang memiliki sifat ringan merupakan sebuah keuntungan, dengan bobot yang ringan maka secara tidak langsung akan mengurangi beban struktur di bawahnya. Berkurangnya beban struktur tentunya akan jauh lebih aman dari segi struktur jika dibandingkan dengan kayu yang memiliki beban berat.

Anti rayap dan anti karat, ini adalah kelebihan utama baja ringan dibanding dengan kayu, baja ringan anti rayap. Anda tidak perlu kuatir rangka atap anda dimakan rayap. Rangka kayu rawan rayap, pada rumah tinggal rangka atap kayu pada usia sekitar 15 tahun biasanya sudah mulai keropos oleh rayap. Sehingga kita harus berpikir untuk mengganti rangka atapnya. Sedangkan rangka atap baja ringan tidak perlu karena anti rayap dan anti karat.

Praktis dan cepat, baja ringan itu sangat praktis, untuk skala rumah tinggal rangka atap baja ringan bisa selesai hanya dalam waktu 2 sampai 5 hari tergantung volume. Pemasangan yang cepat ini membuat baja ringan jauh lebih efisien.

Model Atap / Kuda Kuda Baja Ringan

Model kuda kuda bajaringan adalah sesuai / mengikuti bentuk atap rumah. Model yang umum adalah pelana, limasan, dan atap miring. Model kuda kuda baja ringan juga memiliki kemiringan yang berbeda. Tergantung jenis penutup atapnya, untuk atap genteng sebaiknya kemiringan minimal 30 derajat. Sedangkan untuk atap lembaran seperti galvalum kemiringan bisa lebih bebas (bisa lebih landai) tergantung dengan desain rumah dan selera pemilik rumah.

Harga Baja Ringan Per meter

Harga baja ringan bervariasi, tergantung beberapa faktor diantaranya yang utama adalah kemiringan atap, dan jenis penutup atap. Semaiki landai bentuk atap harga baja ringan bisa lebih murah. Jika anda menggunakan penutup atap yang ringan seperti galvalum, harga baja ringan juga bisa lebih murah. Jadi kalau anda ingin baja ringan yang murah gunakanlah atap yang landai dan jenis penutup atap yang ringan. Harga baja ringan permeter secara kasar adalah kisaran 130 ribu permeter persegi. namun ingat harga itu adalah kasar, bisa lebih atau kurang tergantung beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas.

Harga Kanal C Baja ringan

Baja ringan juga banyak dijual batangan di toko-toko bangunan. Harga kanal C baja ringan berkisar antara 75 ribu rupiah, untuk ketebalan 0,75mm. Sedangkan reng harga berkisar antara 30 ribu rupiah. 1 batang kanal C atau reng panjangnya adalah 6 meter.

Cara Sambung Baja Ringan

Untuk menyambung baja ringan cara nya cukup mudah yaitu dengan menggunakan baut roofing. Baut roofing termasuk self drilling screw, untuk menggunakannya cukup dengan bor listrik. Sambungan baja ringan antara lain kanal C dengan kanal C, kanal C dengan reng. Untuk sambungan antara baja ringan dengan struktur bangunan yaitu menggunakan dynabolt, yang dipasangkan pada ringbalok.

Detail Sambungan Baja Ringan

Berikut ini adalah contoh sambungan antara kanal C, reng, bracket, dan ringbalok. Untuk sambungan antar kanal C sebaiknya menggunakan 3 buah baut agar kuat. Sedangkan sambungan antara reng dan kanal C menggunakan 2 baut pada sisi kanan kiri reng. Sambungan antara bracket dengan ringbalok menggunakan dynabolt.

detail sambungan baja ringan

Jarak Kuda Kuda Baja Ringan

Berapa jarak kuda kuda baja ringan yang benar? semua itu tergantung dari berat penutup atap. Semakin berat penutup atap maka jarak kuda kuda baja ringan semakin rapat. Secara kasar jarak kuda kuda baja ringan biasanya antara 100cm sampai 120cm. Untuk mengetahui jarak kuda kuda yang tepat secara pasti harus dihitung dengan software khusus baja ringan. Jika anda menggunakan jasa baja ringan biasanya aplikator sudah memperhitungkan berapa jarak yang tepat dengan software. Sehingga rangka atap baja ringan aman.

Sekian artikel mengenai kuda kuda baja ringan ini, semoga bermanfaat bagi anda. Untuk mengetahui info tentang baja ringan Semarang silahkan klik di sini. Terimakasih 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *