Jasa Desain Rumah Minimalis Online Murah, Gambar Arsitek

Pondasi Rumah Minimalis Sederhana

Pondasi merupakan bagian dari bangunan yang sangat menentukan kuat atau tidaknya bangunan tersebut. Dalam kaitannya dengan pondasi rumah minimalis sederhana, pondasi harus kuat menahan beban rumah yang ada di atasnya, walaupun rumah tersebut ringan, simpel, maupun sederhana. Oleh karena itu, pembuatan pondasi harus dilakukan dengan perhitungan yang mendetail dan dibuat sesempurna mungkin. Dengan demikian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pondasi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan.

Pondasi sendiri memiliki fungsi untuk menahan berat dari semua komponen yang ada diatasnya, seperti dinding dan atap. Entah bangunan tersebut kecil atau besar, pondasi adalah penentu dari kuat atau tidaknya bangunan tersebut. Agar pembuatan pondasi dapat optimal (dari segi biaya dan kekuatan), maka Anda harus mempertimbangkan konstruksi yang akan ditopang pondasi tersebut.

Pondasi Rumah Minimalis Sederhana

Pondasi rumah minimalis sederhana merupakan salah satu pondasi yang sering kali dianggap remeh oleh orang-orang. Mengapa demikian? Karena rumah minimalis sederhana memiliki bentuk yang cukup simpel, sehingga tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa beban dari bangunan tersebut cukup ringan. Karena pola pikir yang demikianlah, akhirnya pembuatan pondasi dilakukan dengan “ala kadarnya” dan ini cukup berbahaya.

pondasi rumah minimalis sederhana

Perlu Anda ketahui, pondasi rumah minimalis sederhana yang umum terbagi atas 2 jenis pondasi, yakni pondasi batu kali dan pondasi footplat. Untuk penjelasannya, silahkan simak yang ada di bawah ini.

Pondasi Batu kali

Pondasi batu kali termasuk pondasi dangkal dan sering digunakan untuk rumah minimalis 1 lantai. Pondasi ini cukup populer digunakan di beberapa wilayah  yang memiliki kondisi tanah yang stabil. Tingkat kestabilan tanah sangat mempengaruhi kuat atau tidaknya pondasi ini. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan pondasi rumah minimalis sederhana dengan jenis pondasi ini, maka Anda terlebih dahulu harus mengecek tingkat kestabilan tanah. Untuk tanah yang keras maka pondasi batukali cukup dibuat sedalam 60 – 70cm. kedalaman itu cukup untuk menahan bangunan 1 lantai, dinding maupun atapnya.

Pondasi Footplat

Jenis pondasi ini digunakan untuk rumah minimalis 2 lantai. Pondasi ini dibuat dengan meneruskan kolom dengan alasnya yang berupa  plat  cor beton dengan tulangan. Pondasi ini memiliki susunan dari beberapa material, seperti pasir, batu split, PC, dan besi tulangan. Kedalaman pondasi footplat biasanya untuk rumah 2 lantai berada di kisaran 1,5 meter. Namun ini tergantung juga dengan kondisi tanah dan beban struktur rumahnya. Untuk menentukan kedalaman footplat sebaiknya diperhitungkan leh ahli struktur.

Syarat Pondasi yang Baik untuk Rumah  Sederhana

Kedalaman pondasi sesuai dengan kondisi tanah, mampu menahan beban rumah.

Terdapat dua jenis tanah, yakni keras dan lembek. Dalam pembuatan sebuah pondasi, mengetahui jenis tanah merupakan hal yang sangat wajib dilakukan karena sangat berkaitan dengan kuat atau tidaknya pondasi tersebut. Jika tanah untuk membangun pondasi memiliki tektsur yang keras, maka sangat cocok digunakan untuk membangun pondasi batu kali dengan kedalam kurang dari 1 meter. Sedangkan jika tanah lembek, maka jenis pondasi yang cocok adalah pondasi dalam, seperti pondasi tiang pancang yang membutuhkan kedalaman lebih. Alasan kedalaman untuk membuat pondasi dalam adalah untuk mencari tanah yang cocok sebagai penahan beban konstruksi.

Pondasi dibuat dengan metode yang benar

Metode pembuatan pondasi juga sangat menentukan kuat atau tidaknya pondasi dan yang paling penting adalah perbandingan semen dan pasir untuk batukali adalah setidaknya (1:5). Karena banyak di lapangan ditemukan pembuatan pondasi yang asal asalan dengan adukan semen yang sedikit. Alasannya adalah supaya lebih irit biaya, padahal hal tersebut saharusnya tidak benar. Gunakanlah adukan semen untuk pondasi batukali yang sesuai standard.

Peletakan pondasi yang tepat

Untuk peletakkan pondasi batu kali sendiri diletakkan di sepanjang dinding, sedangkan untuk pondasi footplate jarak yang aman biasa dibuat adalah setiap 3 meter. Jika dengan terpaksa jarak pondasi harus lebih dari 4 meter maka sebaiknya dilakukan perhitungan struktur.

Pelaksanaan di lapangan sesuai dengan gambar

Mendesain pondasi terlebih dahulu merupakan hal yang wajib dilakukan dan pastikan proses pelaksanaan pembuatan pondasi harus sesuai dengan apa yang sudah digambar atau sesuai dengan desainnya, agar pondasi sesuai dengan apa yang diperhitungkan.

Sekian artikel mengenai pondasi rumah minimalis sederhana  yang cocok berdasarkan jumlah lantai dan jenis tanahnya. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda lebih jeli dalam menentukan pondasi rumah minimalis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *